cover
Contact Name
Mesran
Contact Email
mesran.skom.mkom@gmail.com
Phone
+6282161108110
Journal Mail Official
jurikom.stmikbd@gmail.com
Editorial Address
STMIK Budi Darma Jalan Sisingamangaraja No. 338 Simpang Limun Medan - Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) membahas ilmu dibidang Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, DSS, AI, ES, Jaringan, sebagai wadah dalam menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan Teknologi Informatika dan Komputer. Topik utama yang diterbitkan mencakup: 1. Teknik Informatika 2. Sistem Informasi 3. Sistem Pendukung Keputusan 4. Sistem Pakar 5. Kecerdasan Buatan 6. Manajemen Informasi 7. Data Mining 8. Big Data 9. Jaringan Komputer 10. Dan lain-lain (topik lainnya yang berhubungan dengan Teknologi Informati dan komputer)
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015" : 17 Documents clear
SISTEM INTERAKTIF PEMELIHARAAN IKAN MAS KOKI MENERAPKAN METODE WEB BASED LEARNING Bowo, Ade Tri; Ginting, Garuda
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.612 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.346

Abstract

Dengan menggunakan Web Based Learning (WBL) dalam sistem interaktif pemeliharaan ikan mas koki dapat mempermudah para anak didik untuk memahami dan mengerti proses cara belajar jarak jauh melalui media internet. Dimana sistem interaktif ini dapat langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik sehingga para anak didik dapat memahami dan mengerti cara memelihara ikan mas koki dengan cepat, untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang bersifat online, yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui media pembelajaran website. Ikan mas koki merupakan ikan hias yang berasal dari Cina. Ikan ini disenangi oleh penggemar ikan hias baik dalam dunia pendidikan maupun masyarakat umum. Ikan mas koki menjadi pembahasan perkembangan para pembudidaya ikan mas koki didunia pendidikan yang memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat. Metode belajar dengan sistem ini dapat menjembatani masalah pembelajaran konvesional seperti keterbatasan waktu yang tersedia bagi para pengajar dan pelajar. Sistem Web Based Learning dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MYSQL database. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Web Based Learning ini telah didesain dan diimplementasikan dengan fasilitas meliputi download materi, latihan dan forum. Kata Kunci : Pemeliharaan Ikan Mas Koki, Web Based Learninng
PERANCANGAN APLIKASI PERMOHONAN KERJA PRAKTEK PRODI TEKNIK INFORMATIKA (STUDI KASUS: STMIK BUDI DARMA) Wahyudi, Try; Mesran, Mesran; Butarbutar, Lambok Harry OA
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.951 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.524

Abstract

STMIK Budi Darma, hingga saat ini masih menggunakan microsoft word dan microsoft excel untuk pengolahan data kerja praktek mahasiswa. Hal ini mengakibatkan beberapa kendala dalam mengeluarkan surat surat yang berhubungan dengan kerja praktek. Oleh sebab hal ini disini penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan topik perancangan aplikasi permohonan kerja praktek pada program studi Teknik Informatika. Hasil dari penelitian ini diharapkan selesainya aplikasi permohonan kerja praktek yang memiliki beberapa laporan data yaitu laporan data mahasiswa, laporan data perusahaan, laporan data tanggal mulai, tanggal selesai kerja praktek, dan laporan data permohonan kerja praktek.
METODE PERANCANGAN PENGARANGKAT LUNAK MEREDUKSI NOISE CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN CONTRAHARMONIC MEAN FILTTER Dasopang, Masnun
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.946 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.357

Abstract

Citra hasil rekaman kamera digital sering sekali terdapat beberapa gangguan yang mungkin terjadi, seperti lensa tidak fokus, muncul bintik-bintik yang disebabkan oleh proses capture yang tidak sempurna, pencahayaan yang tidak merata yang mengakibatkan intensitas tidak seragam, kontras citra terlalu rendah sehingga objek sulit dipisahkan dari latarbelakangnya, atau gangguan yang disebabkan oleh kotoran- kotoran yang menempel pada citra dan lain sebagainya. Meskipun sebuah citra kaya akan informasi, namun sering kali citra yang dimiliki mengalami penurunan mutu, misalnya mengandung cacat atau noise. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit untuk diinterpretasikan karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang. Untuk mengatasi noise tersebut perlu dilakukan usaha untuk memperbaiki kualitas citra itu. Kata Kunci: Reduksi Noise pada Citra, GeometricMean Filter
PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CHECKERS Dahwila Syapnika; Edward Robinson Siagian
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.619 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.352

Abstract

Checkers merupakan jenis permainan game board,yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dengan tujuan menghabiskan kepingan lawan. Permainan checkers yang dibuat dengan AI (Artificial Intelligence) tertentu menerapkan algoritma Minimax. Penerapan algoritma Minimax dalam checkers dibuat berdasarkan prosedur Minimax untuk mendapatkan langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba memaksimalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya. Perancangan permainan checkers ini di buat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Didalam menu permainan checkers terdapat beberapa menu. Dalam permainan checkers terdapat dua buah bidak yang berlainan warna. Setiap pemain memilih warna yang di inginkan. Setiap bidak dapat berubah menjadi raja setelah melewati garis akhir lawan. Kata Kunci: checkers, Artificial Intellingence (AI), Minimax, alpha-beta, Microsoft Visual Basic
PERANCANGAN APLIKASI PERAMALAN JUMLAH CALON MAHASISWA BARU YANG MENDAFTAR MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOTHING (Studi Kasus : Fakultas Agama Islam UISU) Agustinawati Purba
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.583 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.347

Abstract

Peramalan (forecasting) merupakan alat bantu yang penting dalam perencanaan yang efektif dan efisien. Peramalan adalah prediksi, proyeksi atau estimasi tingkat kejadian yang tidak pasti dimasa yang akan datang. Peramalan pada Universitas Islam Sumatera Utara untuk meramalkan jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar merupakan suatu sistem yang sangat di butuhkan pada universitas tersebut. Kerana universitas tersebut tidak mengetahui sebarapa banyak calon mahasiswa baru yang akan mendaftar pada tahun ajaran selanjutnya. Keberadaan metode Single Exponential Smoothing merupakan prosedur perbaikan terus-menerus pada peramalan terhadap objek pengamatan terbaru. Metode peramalan ini menitik-beratkan pada penurunan prioritas secara eksponensial pada objek pengamatan sebelumnya. Dalam pemulusan eksponensial atau exponential smoothing terdapat satu atau lebih parameter pemulusan yang ditentukan secara eksplisit, dan hasil ini menentukan bobot yang dikenakan pada nilai observasi. Kata Kunci: Peramalan, Metode SES, Mysql, Visual Studio 2008.
DATA MINING MEMPREDIKSI MINAT MASYARAKAT TERHADAP ASURANSI JIWA DENGAN METODE INTERPOLASI LINIER Sari Anita
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.462 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.358

Abstract

Asuransi merupakan penangungan orang terhadap kerugian yang tak terduga yang disebabkan karna meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama atau  pun menduga terjadinya suatu bencana, dengan adanya asuransi perlindungan bisa didapatkan sehingga akan terasa meringankan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak  ketiga yang kemungkinan diderita tertanggung, yang timbul akibat suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Dunia bisnis asuransi yang penuh persaingan membuat para pelakunya harus selalu memikirkan strategi-strategi, yang dapat menjamin kelangsungan bisnis asuransi mereka. Salah satu aset utama yang dimiliki oleh perusahaan asuransi adalah data bisnis dalam jumlah yang luar biasa banyak. Ini melahirkan kebutuhan akan adanya teknologi yang dapat memanfaatkannya untuk membangkitkan pengetahuan-pengetahuan baru, yang dapat membantu dalam pengaturan strategi bisnis asuransi. Prediksi minat masyarakat  sangat penting bagi suatu perusahaan asuransi, dimana dengan adanya prediksi minat konsumen perusahaan asuransi dapat mengambil suatu keputusan atau strategi yang benar dan tepat bagi masyarakatnya.
IMPLEMENTASI LEAST SQUARE DALAM UNTUK PREDIKSI PENJUALAN SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS: PT.GRAHA AUTO PRATAMA) Bangun Unedo Putra Manurung
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.362 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.350

Abstract

PT. Graha Auto Pratama merupakan dealaer resmi sepeda motor Yamaha dibagan batu yang bergerak pada bidang penjualan sepeda motor baik secara tunai ataupun kredit dan bidang perawatan serta penjualan sparepart. Perusahaan ini mengalami peningkatan penjualan sepeda motor untuk setiap tahunnya. Sehubungan dalam hal ini diperlukan untuk memprediksi jumlah penjualan sepeda motor pada periode yang akan datang. Prediksi (forecasting) adalah peramalan apa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang, sedang rencana, merupakan penentuan apa yang akan dilakukan pada waktu yang akan dilakukan. Prediksi hampir dilakukan hampir semua orang, baik pemerintah, pengusaha, maupun orang awam. Metode Least Square dapat dipergunakan untuk melakukan forecast penjualan, karena metode ini merupakan salah satu tehnik dalam menyusun forecast penjualan dengan meminimumkan fungsi kriteria jumlah kuadrat kesalahan prediksi. Metode Least Square adalah metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu peramalan pada masa yang akan datang dengan menentukan persamaan trend data yang mencakup analisis Time Series dengan dua kasus, yaitu kasus data genap dan ganjil. Kata kunci : Perusahaan, Prediksi, Least Square
RANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA KOPERASI PEGAWAI Suginam Suginam
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.158 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.345

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deli Serdang adalah Koperasi milik pemerintah yang berada pada suatu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Deli Serdang. Kegiatannya Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kementerian Agama Kabupaten Deli Serdang tidak terlepas dari penerimaan & pengeluaran kas, maka dibutuhkan sistem komputerisasi agar transaksi-transaksi berjalan dengan baik. Komputer memberikan satu solusi yang tepat dalam menghasilkan informasi yang terkini. Seperti halnya yang terjadi dalam setiap perusahaan, baik perusahaan milik pemerintah maupun swasta relatif banyak terjadi transaksi jumlahnya sehingga diperlukan database yang dapat menyimpan dan mengolah data tersebut secara efisien, cepat dan dapat digunakan kapan saja bila diperlukan. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan Kas
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN POLA HURUF AKSARA BATAK TOBA MENERAPKAN METODE DIRECTION FEATURE EXTRACTION (DFE) Johanes Sitorus
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.869 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.356

Abstract

Aplikasi JST merupakan suatu teknologi komputasi yang berbasis pada model syaraf biologis dan mensimulasikan tingkah laku dan kerja model syaraf terhadap berbagai macam masukan dari luar yang mampu merespons keadaan yang dinamis, salah satunya adalah untuk pengenalan sandi pramuka melalui beberapa lambang tertentu yang telah disepakati oleh beberapa pihak terkait. Penerjemahan kata sandi pramuka biasanya dilakukan dengan mengartikan satu per satu secara manual. Namun, cara seperti ini umumnya menimbulkan kendala masalah waktu penerjemahan dan kemampuan penguasaan sandi- sandi. Pengenalan sandi secara otomatis ini merupakan salah satu pengaplikasian jaringan syaraf tiruan dalam pengenalan pola, khususnya huruf Aksara Batak Toba. Untuk mengatasi masalah di atas, penulis merancang sebuah perangkat lunak yang dapat mengenali pola huruf Aksara Batak Toba dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. Perangkat lunak yang dirancang akan menggunakan sebuah neural network dengan memanfaatkan metode direction feature extraction (DFE) untuk mengenali pola huruf Aksara Batak Toba tersebut. Sistem yang dirancang ini hanya dapat mengenali pola huruf Aksara Batak Toba dengan format .BMP dan JPEG, dan proses pengenalan pola huruf Aksara Batak Toba dengan metode ini sangat cepat. Hal ini terlihat dari tingginya proses pengenalan yang dilakukan berdasarkan pengujian terhadap pengenalan pola huruf Aksara Batak Toba. Namun sistem ini masih memiliki kelemahan yaitu file citra digital yang dapat didikenali hanya dengan format JPEG dan BMP sehingga masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut sesuai dengan perkembangan teknologi di bidang komputer. Kata Kunci: Pengenalan, Pola, Huruf, Aksara, Batak Toba, Direction Feature Extraction (DFE).
PERANCANGAN APLIKASI PERBAIKAN NOISE CITRA MENGGUNAKAN METODE FILTERING GAUSSIAN Harahap, Candra Kurniawan
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) Vol 2, No 6 (2015): Desember 2015
Publisher : STMIK Budi Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.27 KB) | DOI: 10.30865/jurikom.v2i6.351

Abstract

Pengolahan citra memegang peranan yang cukup penting, dimnana dalam pengolahannya tidak sekedar memberikan efek- efek yang menjadikan suatu citra menjadi lebih artistic tetapi juga harus dapat memperbaiki kualitas dari hasil pencitraan itu sendiri. Gaussian merupakan model noise yang mengikuti distribusi normal standart dengan rata-rata nol dan standard deviasi 1. Proses peningkatan mutu citra bertujuan untuk memperoleh citra yang dapat memberikan informasi sesuai dengan tujuan/kepentingan pengolah citra.proses peningkatan mutu citra ini termasuk memeperbaiki citra ketika proses ekuisisi mengalami gangguan yang signifikan seperti noise dan beberapa gangguan factor alam lainnya. Filter Gaussian bertujuan untuk menghilangkan noise pada citra dan meningkatkan kualitas detail citra. Gaussian merupakan model noise yang mengikuti distribusi normal standart dengan rata-rata nol dan standard deviasi 1. Efek dari gaussian ini, pada gambar muncul titik-titik berwarna yang jumlahnya sama dengan presentasi noise. Kata Kunci: Perbaikan Noise Citra, Filtering Gaussian.

Page 1 of 2 | Total Record : 17